//
you're reading...
Liputan Khusus

Tuan-Nyonya Capres, Dengarlah Rintihan Dhea

Dhea, begitu ia biasa dipanggil. Usianya baru sepuluh tahun. Ia terpaksa melupakan ikut EHB [Evaluasi Hasil Belajar], tengah Juni lalu lantaran tiba-tiba jatuh sakit. Murid SD Aren Jaya 14 Bekasi ini sudah tiga kali pindah rumah sakit. Alih-alih sembuh, penyakit yang dideritanya baru dipastikan setiba di RS yang bersebelahan dengan kampus kedokteran UI Salemba, Jakarta.

Lebih dari dua pekan ia terbaring (kadang tak sadarkan diri, kadang sadar) di ruang gawat darurat (ICU) anak RSCM Jakarta. Dokter yang merawatnya menyebut ia positif mengidap Sindrom Guillain Barre atau SGB. Ini adalah sebentuk kelainan sistem saraf akut yang mengenai radiks spinalis dan saraf perifer, dan kadang saraf kranialis. Mereka yang mengidap SGB bisa dikenali dari sejumlah gejala, mulai dari kelumpuhan, kerusakan saraf dan jika parah bisa menimbulkan koma.

Ini sindrom langka. Bukan saja di Indonesia, tapi di dunia dengan fasilitas kesehatan berkilau mutiara seperti Amerika Serikat. Pernah tahun 1976 silam, sindrom ini mencuri perhatian. Pemerintah AS menggelar program imunisasi massal terhadap influenza. Hasilnya, dari 46 juta orang yang diimunisasi, ternyata 4.000 orang mengalami sindrom ini. Di Indonesia, belum diketahui berapa jumlah penderita SGB. Yang jelas, SGB menyerang semua usia [3 bulan hingga 95 tahun] dengan insidensi/kejadian lebih tinggi pada perempuan daripada laki-laki [2:1].

Pada penderitanya yang lumpuh, serangan biasa berawal dari bawah—mengenai kaki (umumnya kedua tungkai), dan terus merembet keatas hingga menyebabkan gangguan pernapasan dan penurunan kesadaran. Serangan lebih lanjut membuat tungkai kedua kaki dan kedua tangan mengalami lumpuh layuh. Kejamnya SGB bisa menyerang saraf otot, juga indera peraba. Sang penderita bisa mengalami baal atau mati rasa.

Dhea bukan Prita Mulyasari yang dapat menulis surat elektronik berisi keluhan atas layanan kesehatan sebuah RS di Tangerang. Email Prita membuatnya sempat mendekam di hotel prodeo selama tiga pekan. Beruntung kasus Prita tercium media massa dan juga capres yang hendak memperebutkan lebih dari 176 juta pemilih pada Pilpres nanti. Alhasil ia menghirup udara bebas. Keluar dari penjara dan kasusnya [delik pencemaran nama baik] tidak dilanjutkan. Tuah kerja sama manis media dan kandidat presiden.

Dhea atau lengkapnya Dhea Rizky Yulianingsih tak seberuntung Prita. Jangankan berbagi cerita—seperti pernah dilakukan anak korban tsunami Aceh dengan “kawan penanya” di Amerika Serikat—hidupnya tergantung alat bantu pernapasan [ventilator]. Ia berjuang di antara hidup dan mati. Hanya doa sang bunda, ayah, kakek, nenek, kerabat serta kawan-kawannya menyertai perjuangan Dhea.

Saya—yang kebetulan kenal dengan bundanya—dua kali menyaksikan Dhea. Ia tergolek. Tak ada tawa lagi. Selang ventilator masih terlilit di hitungnya. Ia tertidur. Napasnya terengah-engah. Bundanya bercerita, pernah dokter yang merawatnya coba melepas ventilator itu. Tapi Dhea belum kuat. Lambungnya terinfeksi. Darah keluar dari mulut mungilnya. Terpaksa dokter memasang alat itu kembali hingga tulisan ini dibuat. Sang dokter berujar mungkin penyembuhan Dhea bisa makan waktu dua bulan.

Sang bunda bercerita lagi. Suatu siang, ada reporter sebuah stasiun televisi meliput Dhea. Buat stasiun itu, penyakit yang didera Dhea adalah news value. Sebentuk kepedulian yang berhulu dari rasa kasih. Lewat tayangan dalam program beritanya, stasiun ini berharap dapat mengetuk solidaritas khalayak di tanah air.

Ya… biaya perawatan untuk Dhea memang tidak sedikit—tak cukup jika hanya ditebus dari pendapatan orangtuanya. Untuk menebus obat saja, mereka harus merogoh Rp600 ribu per hari. Ini baru dari satu jenis obat. Sementara yang dibutuhkan Dhea lebih dari itu. Untuk kembali ceria seperti sedia kala, puluhan juta rupiah harus dikumpulkan orangtua Dhea. Seluruh ikhtiar, termasuk menyambangi sejumlah perusahaan telah dilakukan orangtua Dhea. Apa daya rupiah di saku ortu Dhea tidak cukup. Mereka berharap uluran tangan dari dermawan atau mungkin dari tuan dan puan calon presiden sekalian.

RS yang merawat Dhea hanya lima menit dari Jalan Diponegoro atau 15 menit dari Jalan Teuku Umar Jakarta. Di dua kawasan elite Menteng ini, kandidat presiden [JK, Megawati] dan tim sukses SBY-Boediono memancang strategi dan taktik untuk bisa merebut simpati publik dan menakhodai Indonesia. Seandainya rintihan Dhea mengusik hati nurani. Dhea dan ortu menunggunya di sini: 0857-2041052.

Artikel ini diambil dari Blog Liputan6

Penulis: Moh Samsul Arifin

Iklan

Diskusi

One thought on “Tuan-Nyonya Capres, Dengarlah Rintihan Dhea

  1. assalamu alaikum wr. wb.

    alhamdulilah…
    Selamat akhirnya golput berhasil memenangkan jumlah suara terbanyak!
    Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Partai Golput,
    baik yang dengan penuh kesadaran dan keikhlasan maupun yang tidak.
    Lho, maksudnya? Ga Nyambung & Ga Jelas? :-\

    Sudah saatnya kita ganti sistem!
    Sistem yang lebih “pro rakyat” dan lebih “berbudi”…
    Ayo kita ganti secepatnya, “lebih cepat lebih baik”…
    Mari kita “lanjutkan” perjuangan dakwah untuk menegakkannya!
    Sistem Islam, petunjuk dari Sang Maha Pencipta!

    Lihatlah dengan hati dan fikiran yang jernih!
    Aturan Sang Maha Pencipta diinjak-injak
    dan diganti dengan aturan yang dibuat seenak udelnya!
    Dan lihat akibatnya saat ini, telah nampak kerusakan
    yang ditimbulkan oleh sistem sekulerisme dan turunannya
    (seperti: kapitalisme, sosialisme, demokrasi, dsb) di depan mata kita!

    Banyak anak terlantar gara2 putus sekolah.
    Banyak warga sekarat gara2 sulit berobat.
    Banyak orang lupa gara2 ngejar2 dunia.
    Dan banyak lagi masalah yang terjadi gara2 manusia nurutin hawa nafsunya.

    Lihat saja buktinya di
    http://hizbut-tahrir.or.id/2009/05/12/kemungkaran-marak-akibat-syariah-tidak-tegak/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alwaie/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alislam/
    dan banyak lagi bukti nyata yang ada di sekitar kita!

    Untuk itu, sekali lagi saya mohon kepada semua pihak
    agar segera sadar akan kondisi yang sekarang ini…
    dan berkenan untuk membantu perjuangan kami
    dalam membentuk masyarakat dan negeri yang lebih baik,
    untuk menghancurkan semua bentuk penjajahan dan perbudakan
    yang dilakukan oleh manusia (makhluk),
    dan membebaskan rakyat untuk mengabdi hanya kepada Sang Maha Pencipta.

    Mari kita bangkit untuk menerapkan Islam!
    secara sempurna dan menyeluruh.
    mulai dari diri sendiri.
    mulai dari yang sederhana.
    dan mulai dari sekarang.

    Islam akan tetap berlaku hingga akhir masa!
    Dan Islam akan menerangi dunia dengan cahaya kemenangan!
    Mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan (-_-)
    terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

    wassalamu alaikum wr. wb.

    Posted by dir88gun2@yahoo.com | Juli 1, 2009, 10:09 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Website taiphimsexy.com cung cấp các phim sex y nhiều thể loại, các phim mới cập nhật dành cho điện thoại. Các bạn có thể tai phim sex y về điện thoại một cách dễ dàng nhất để xem và chia sẽ cho bạn bè. Chúng tôi cung cấp mọi định dạng phim sex y cho điện thoại yếu như 3gp đến mp4, wmv cho những điện thoại có hỗ trợ để nhằm phục vụ tốt cho nhu cầu xem phim sex y của bạn. Phim sex y nhiều thể loại, bạn còn có thể xem phim sex y online trên điện thoại mà không cần tải về. Chúc các bạn tìm được những gì mình cần tại taiphimsexy.com và tai phim sex y về điện thoại thành công nhé các bạn. Lưu ý: để xem phim sex y online hoặc tai phim sex y một cách tốt nhất, bạn nên sữ dụng máy điện thoại để truy cập trực tiếp vào website để được hỗ trợ đầy đủ dịch vụ của chúng tôi. Khi có vấn đề như tải phim thất bại, xem phim không thành công, chúng tôi sẽ tự động tải một file về điện thoại các bạn để xem tại điện thoại không cần truy cập vào website. tai phim sex
%d blogger menyukai ini: