//
you're reading...
Iptek

Astronom: Yesus Lahir Bulan Juni

Seorang astronom Australia, Yesus Kristus bukan lahir pada tanggal 25 Desember, seperti yang dirayakan sekarang. Tapi 17 Juni

Hidayatullah.com—Astronom Australia, David Reneke memprediksi kelahiran Yesus Kristus bukan jatuh pada tanggal 25 Desember, seperti yang dirayakan umat Kristiani sedunia seperti sekarang ini.

Seperti dilansir Telegraph, Kamis lalu, Reneke mengungkapkan jika ditilik dari peristiwa ‘bintang terang natal’ di Betlehem 200 tahun silam, seharusnya Natal jatuh pada tanggal 17 Juni. Bintang terang natal itulah yang dikisahkan dalam tradisi Kristiani menuntun tiga orang majus pada bayi Yesus Kristus untuk mempersembahkan, mur emas, dan kemenyan.

Penelitian yang dilakukan oleh astronom mengasumsikan, bintang terang natal atau lebih dikenal bintang Betlehem yang terlihat di langit, merupakan kombinasi planet Venus dan Jupiter. Ketika itu, kedua planet berada pada posisi terdekat dan menjadikannya lebih bersinar terang dari biasanya.

Dave Reneke menggunakan sebuah program komputer yang sangat kompleks dan rumit untuk memastikan posisi langit pada malam kelahiran Yesus di Betlehem 2000 tahun silam. Reneke mengakui, kondisi astronomi di malam kelahiran Yesus dinilai sangat spektakuler dalam bidang astronomi.

“Kami memang memiliki software yang dapat memetakan ulang kondisi langit malam hari di setiap waktu hingga beberapa ribu tahun silam, dan kami menggunakannya untuk melihat kembali ke waktu kelahiran Yesus,” kata Reneke, yang juga seorang pengajar ilmu astronomi dan editor majalah Sky and Space.

Reneke juga mengungkapkan, Venus dan Jupiter berada sangat dekat di sekira tahun dua sebelum masehi. Kondisi itulah yang menghadirkan ‘bintang Betlehem’ menjadi terlihat sangat terang.

Selain pengamatan astronomi, Reneke dan timnya juga melakukan penelusuran menggunakan injil Matius. Kisah kelahiran Yesus menurut injil Matius dijadikan sebagai referensi untuk mengetahui peristiwa Natal.

Jika penelitian itu dapat dipertanggungjawabkan, maka dengan demikian Yesus berzodiak Gemini, dan bukan Capricornus seperti yang selama ini diyakini.

Kendati demikian, Reneke mengatakan, bintang tersebut tidak pasti ‘bintang Betlehem’ tapi setidaknya dapat menjadi penjelasan kuat mengenai itu karena tidak ada penjelasan sebelumnya yang mengungkapkan hal itu.

“Tak ada penjelasan yang pasti dan mendekati mengenai kejadian itu, dan ini adalah penjelasan mengenai tanda bintang yang digunakan tiga orang majus,” katanya.

Selain itu, Reneke mengatakan ia dan timnya tidak mencoba untuk menghina suatu agama. Tapi, penelitian itu dapat menunjukkan memang ada obyek bercahaya terang 2000 tahun silam.

“Meskipun kita sering mempertentangan ilmu dan agama yang sering mengecewakan orang. Tapi dalam kasus ini, saya kira justru dapat memperkuat keimanan dan keyakinan seseorang,” kata Reneke.

Sebagaimana diketahui, dari sudut sejarah tak ada tanggal paling pasti tentang kelahiran Yesus, namun perayaan Natal per 25 Desember sudah menjadi tradisi Kristen berabad-abad. Andaikan temuan ini benar, boleh jadi akan ada perubahan besar dalam perayaan Hari Natal. [chtp/www.hidayatullah.com]

Iklan

Diskusi

20 thoughts on “Astronom: Yesus Lahir Bulan Juni

  1. sekian puluh tahun lalu saya pernah baca di satu majalah menyatakan bahwa jesus lahir 13 tahun setelah the crist! artinya ulasan di atas cukup masuk akal.

    sebagai tambahan dari banyak sumber berbeda, tanggal 25 kan ada rahasia tersendiri 🙂
    silakan cari di berbagai situs luar (situs christian dan muslim) yang menceritakan hal ini

    Posted by wyd | Desember 14, 2008, 1:36 pm
  2. Kalau menurut Al Qur’an, Yesus (Nabi Isa AS) lahir disaat musim buah kurma (QS. Maryam ayat 25). Di Palestina buah kurma masak ketika musim kemarau. Dengan demikian Yesus (Nabi Isa AS), BUKAN LAHIR PADA BULAN DESEMBER, karena di bulan tersebut adalah saat musim salju.

    Posted by sufiNET | Desember 14, 2008, 8:31 pm
  3. Assalamualaikum…
    ijin kopas ya d blog saya.
    tengkyu
    wassalam

    Posted by hyoga80 | Desember 15, 2008, 7:08 am
  4. Memang udah bukan rahasia lagi kok, apalagi bagi kami umat Kristiani, ini sudah menjadi hal yang biasa.
    Tapi apa sih arti sebuah tanggal ? Ya nggak ? Yang penting kan bukan tanggal-nya, tapi SIAPA yang dilahirkan itu, paling tidak untuk kami yang percaya 🙂
    Salam kenal semuanya 🙂
    Keep blogging 🙂

    Posted by Bagus Prakoso | Desember 15, 2008, 9:15 am
  5. Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com%3c/a>. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://astronomi.infogue.com/astronom_yesus_lahir_bulan_juni

    Posted by nun1k04a | Desember 15, 2008, 11:15 am
  6. banyak kok sesungguhnya yang ga sesuai dengan kondisi sekarang diajaran kristen yaitu…hari peribatan mereka karena yang sesungguhnya adalah hari sabtu…karena Nabi Isa AS bukan mengajarkan agama baru tapi melanjutkan ajaran Nabi Musa AS….dan masih banyak lagi termasuk tanggal 25 Desember itu

    Posted by omiyan | Desember 15, 2008, 12:34 pm
  7. penetapan natal tgl 25 desember adalah masalah budaya. kalo peristiwa lahirnya baru masalah iman. Jadi kalo benar Yesus lahir bulan juni, it’s ok ! dijamin gak ada yang tersinggung mengenai hal ini.

    salam damai !

    Posted by Budi Herprasetyo | Desember 15, 2008, 2:52 pm
  8. Maaf comment sy keluar konteks. Sungguh tidak berniat menyinggung siapapun. sy tetap hormati agama terdahulu. Saat membaca tema, langsung ‘mbatin’ … wah gemini. soalnya sy juga gemini 🙂
    Maaf ke2kali. kadang suka terlontar ucapan di hati jauh sebelum di pikir, dan terkejut sendiri. Telmi. Terima kasih infonya. Salam kenal.

    Posted by dinda27 | Desember 16, 2008, 12:09 am
  9. Segala puji bagi Allah Maha Pengasih dan Penyayang yang telah meninggikan Islam sebagai agama yang suci dari segala macam cacat.

    Posted by khalid | Desember 17, 2008, 10:15 am
  10. kalo emang bener bulan juni, menambah daftar panjang para pemimpin yang lahir bulan juni (gemini). nabi muhammad juga gemini 7 juni, soekarno 6 juni, soeharto 8 juni dll

    Lam kenal

    Posted by Aku tukang komen, kamu tukang apa? | Desember 17, 2008, 5:32 pm
  11. Yg. lahir 25 Des itu adl Dewa Matahari. Nabi Isa dktkan lahir 25 Des itu kan akal-akalan seorang raja waktu itu spy warganya (waktu itu masih menyembah Dewa Matahari) masuk nasrani, jadi tetap bisa berpesta sampai pagi seperti biasanya mereka menghormati kelahiran Dewanya. Akhirnya mereka pada masuk nasrani (secara lengkap ada dlm sejarah).

    Posted by gani | Desember 19, 2008, 9:00 am
  12. Yang menjadi poin bukan tgl Yesus lahir, tapi bagaimana memaknai kelahiran itu sendiri. Mau Juni kek, januari kek, april kek, gak masalah lah, itu kan hanya ceremonialnya. Yg penting kan maknanya… itu aja… gak perlulah ada perubahan dalam memperingati harinya….

    Posted by burself | Desember 19, 2008, 12:23 pm
  13. Maksutnya isa almasih? yesus itu sapa?

    Posted by Puyeng | Desember 19, 2008, 9:55 pm
  14. kalau emang juni emang situ hormati??anda sendiri aja ndak pernah menghormati, merayakan, ingat!!! dia nanti yang akan mengadili kalian…… mau surga pa neraka…………..

    Posted by eyang | Desember 20, 2008, 11:28 am
  15. kalian pada sibuk apa sih??yg lahir kan bukan kalian…
    yg penting iman kalian kuat ngak??
    jgn sering2 buat dosa itu udah cukup..
    ingat2..jgn cuma ingat ultah yesus,ingat ultah saya juga tgl 30-2…
    dan jgn pigi perang..sendiri aja udah susah..
    untuk pak Presiden jgn asik nyumbang duit ke luar negeri..di indonesia masi banyak yg susah..perlu sumbangan…termasuk saya..

    Posted by numpang komen | Januari 6, 2009, 3:39 pm
  16. Udah dari dulu kita orang kristen yakin bahwa Yesus tidak lahir bulan Desember karena Yesus itu tepat lahir pada tgl 15 tisri, biasanya jatuh bulan september…

    Posted by rudi | Februari 16, 2009, 2:20 pm
  17. hal ini juga diterangkan dalam al-qur’an surat maryam!!!yaitu tatkala maryam berteduh pada sebuah pohon(kurma) karna kehausan dan kelparan.maka jibril datang pada maryam dan menyruh agar maryam menggerak-gerakkan batang pohon kurma tersebut.akhirnya,berjatuhanlah kurma-kurma tersebut!!!!!

    -seperti sudah kita ketahui bahwa kurma hanya berbuah pada musim panas.maka,yang benar yesus itu lahir pada musim panas bukan musim dingin(25 december)

    Posted by nauval | April 21, 2009, 1:40 pm
  18. Itu bagian dari pada keyakinan. jangan mempermasalahkan itu hanya untuk kepentingan memecah belah umat.

    Posted by AMARMUCHSIN | Desember 6, 2009, 6:09 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Kontroversi Tanggal Lahir Yesus « Mencari Kesempurnaan Diri - Desember 15, 2008

  2. Ping-balik: Arnol3’s Blog - Desember 16, 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Website taiphimsexy.com cung cấp các phim sex y nhiều thể loại, các phim mới cập nhật dành cho điện thoại. Các bạn có thể tai phim sex y về điện thoại một cách dễ dàng nhất để xem và chia sẽ cho bạn bè. Chúng tôi cung cấp mọi định dạng phim sex y cho điện thoại yếu như 3gp đến mp4, wmv cho những điện thoại có hỗ trợ để nhằm phục vụ tốt cho nhu cầu xem phim sex y của bạn. Phim sex y nhiều thể loại, bạn còn có thể xem phim sex y online trên điện thoại mà không cần tải về. Chúc các bạn tìm được những gì mình cần tại taiphimsexy.com và tai phim sex y về điện thoại thành công nhé các bạn. Lưu ý: để xem phim sex y online hoặc tai phim sex y một cách tốt nhất, bạn nên sữ dụng máy điện thoại để truy cập trực tiếp vào website để được hỗ trợ đầy đủ dịch vụ của chúng tôi. Khi có vấn đề như tải phim thất bại, xem phim không thành công, chúng tôi sẽ tự động tải một file về điện thoại các bạn để xem tại điện thoại không cần truy cập vào website. tai phim sex
%d blogger menyukai ini: