//
you're reading...
Iptek, Liputan Khusus

STUDI KRITIS TENTANG REINKARNASI

Sebagaimana seseorang menanggalkan baju lamanya dan mengambil pakaiannya yang baru, maka begitulah roh itu meninggalkan jasad kasarnya dan mengembara untuk menetap lagi di tubuh yang baru.” [Bhagavad Gita, 2:22]

Beritamaya.wordpress.com – Reinkarnasi adalah kelahiran kembali seseorang yang sudah meninggal untuk memperbaiki kehidupannya yang lalu (di dunia). Apakah reinkarnasi memang benar ada? Bagaimana menilai faham tersebut secara objektif?

Di satu fihak, faham reinkarnasi, dengan mengandalkan kekekalan jiwa, memberi kesan kepada para penganutnya bahwa dengan demikian, faham itu tetap setia dengan benar pada suatu isu yang fundamental dalam suatu tradisi kuno yang pantas dihormati.

Di lain pihak, dengan memperbanyak jumlah hidup tiap orang sampai dia dibersihkan dari semua dosanya, maka faham itu “nampak lebih adil” dari pada faham-faham lain, yang membatasi setiap orang pada satu hidup saja yang menentukan secara definitive nasib terakhirnya, tanpa kesempatan lagi untuk memperbaiki dirinya.

Memang nampak lebih adil karena faham (agama) lain “tidak memberi kesempatan memperbaiki diri”. Tapi sebaliknya, dengan diutusnya para Rasul utusan Allah sebagai “pembawa berita gembira dan pemberi peringatan” (petunjuk) ini justru lebih adil lagi dan lebih bijaksana, karena para Nabi/Rasul yang juga adalah manusia, dapat sekaligus dijadikan sebagai suri teladan bagi umat manusia, tanpa perlu tiap-tiap manusia untuk menyepi mencari “petunjuk” sendiri-sendiri.

Apa argumen-argumen pokok para penganut reinkarnasi? Mari kita lihat argumen-argumen pokoknya:

Bersifat Moral
Nasib sial kebanyakan orang hanya bisa dijelaskan karena kesalahan atau dosa sebelumnya. Jadi suatu inkarnasi baru perlu untuk menebus kesalahan yang dibuat waktu hidup lampau. Sementara orang melihat dalam penjelasan ini merupakan jalan untuk mempertahankan “keadilan” Ilahi terhadap manusia dengan memberinya harapan akan perbaikan nasibnya. Pesan harapan ini sangat mempengaruhi sambutan aktuil terhadap reinkarnasi.

Tetapi sulit sekali melihat bagaimana seseorang bisa memperbaiki secara spiritual hidupnya yang lalu lewat suatu hidup baru (dalam doktrin reinkarnasi), jika orang itu tidak ingat apapun tentang kejadian-kejadian yang dilaluinya pada masa hidupnya yang lalu.

Supaya seseorang bisa bertobat dari dosa-dosa yang, menurut reinkarnasi, dilakukannya dalam satu atau beberapa hidup sebelum hidup sekarang ini, maka yang dituntut pertama-tama adalah pengetahuan tentang kegiatan-kegiatan yang mengisi hidup-hidup tersebut. Padahal biasanya tidak ada bekas apapun dalam kesadaran dan suara hati manusia tentang hidup lain dari pada hidup ini.

Dewasa Sebelum Waktunya
Genius-genius “dewasa sebelum waktunya”, seperti Mozart, misalnya, yang prestasinya begitu luar biasa sehingga tidak mungkin dijelaskan selain sebagai hasil dari sifat-sifat yang diperolehnya dalam hidup-hidup sebelumnya.
Tetapi kita tahu bagaimana psikologi modern dan ilmu genetika menerangkan hal-hal tersebut secara lebih rasional. Sama bisa dikatakan tentang argumen yang berdasarkan ingatan-ingatan mengenai peristiwa-peristiwa yang, katanya, terjadi dalam suatu hidup lain.

Meskipun konsepsinya yang tinggi sekali tentang spiritualitas jiwa, faham itu kembali kepada “dualisme” kuno yang ditolak dengan benar oleh “seluruh” pikiran zaman ini. Dalam doktrin reinkarnasi, badan-badan kemana jiwa berpindah berturut-turut hanya berbentuk “penerima-penerima” sementara saja, bungkus-bungkus jasmaniah yang sama sekali asing bagi “keakuan” otentik dari kepribadian manusiawi. Dan pesona manusiawi itu direduksikan oleh reinkarnasi kepada status suatu jiwa yang mengembara dari generasi ke generasi.

Filsafat manusia dan Psikologi, kalau setia pada pengalaman konkret manusia, memperlihatkan bagaimana “keakuan” sejati tidak bisa berada tanpa badan yang dijadikan khas bagi setiap orang masing-masing karena dijiwai oleh jiwa ini atau itu; sedangkan reinkarnasi melarutkan “keakuan” ke dalam berbagai kepribadian yang berbeda satu sama lain sepanjang aliran zaman-zaman.

Pendeknya, gagasan reinkarnasi tidak sungguh-sungguh menganggap tiap kepribadian manusiawi sebagai subyek unik dari keputusan, pertanggung jawaban, dan cinta kasih. Karena jiwa bersolider secara esensial dengan badan dan dengannya merupakan suatu substansi yang sama, reinkarnasi adalah mustahil.

Setiap jiwa hanya seimbang dengan satu badan saja. Doktrin itu lebih realistis dan lebih menghormati keajaiban manusia yang mempunyai “aku” unik, yang sekaligus berbadan dan berjiwa; dan yang badannya tidak bisa ditukarkan.(mistik)[sanjisan]

Diskusi

5 thoughts on “STUDI KRITIS TENTANG REINKARNASI

  1. emang gua pikiran elo

    Posted by rahadhe | Juni 5, 2008, 4:16 pm
  2. aku percaya dengan reinkarnasi karena aku ud menyaksikan

    Posted by mbah gendeng | Juni 7, 2008, 12:05 am
  3. Sotoy lo…
    Klo lodah mati baru lo bisa bilang itu mustahil ato ga

    Posted by Yang Lo bilang "kafir" | Juni 9, 2008, 3:27 pm
  4. salam nusantara!menggila maya!
    banyak dan bermacam macam opini ataupun pendapat tentang reinkarnasi.cobalah anda lebih gali soal itu.cari pendekatan dan inti sari dari reinkarnasi itu.apakah anda pernah berfikir kalau kalimat reikarnasi itu hanya istilah saja?ataupun itu hanya kiasan yang maknanya sangat dalam.dalam agama hindu atau pun budha,sangat di percayai reinkarnasi itu.maaf anda jangan sembarang menuliskan hal ini,jangan sampai nanti orang lain salah mengartikan pendapat anda ini,yang mungkin maksudnya hanya untuk berbagi dan bertukar fikiran ataupun pendapat.saya hanya memberikan saran atau pun berbagi dengan anda.mudah mudahan anda tidak menyalah artikan komentar saya ini.
    terus berkarya!terus berjuang!

    Menggila Maya!

    Posted by iraf | Juni 13, 2008, 5:57 am
  5. klo di bilang reinkarnasi ngk ada, terus terang gw bingung juga. soalnya uda ada bukti2 yg mendukung fenomena reinkarnasi (buku karangan Dr.Bruce Goldberg, Dr.Brian Weiss, Dr.Ian stevenson, dll). jadi bagi yg menolak mana bukti2 utk mendukung argumen kalian?

    Posted by Tedy | Agustus 9, 2008, 8:06 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Website taiphimsexy.com cung cấp các phim sex y nhiều thể loại, các phim mới cập nhật dành cho điện thoại. Các bạn có thể tai phim sex y về điện thoại một cách dễ dàng nhất để xem và chia sẽ cho bạn bè. Chúng tôi cung cấp mọi định dạng phim sex y cho điện thoại yếu như 3gp đến mp4, wmv cho những điện thoại có hỗ trợ để nhằm phục vụ tốt cho nhu cầu xem phim sex y của bạn. Phim sex y nhiều thể loại, bạn còn có thể xem phim sex y online trên điện thoại mà không cần tải về. Chúc các bạn tìm được những gì mình cần tại taiphimsexy.com và tai phim sex y về điện thoại thành công nhé các bạn. Lưu ý: để xem phim sex y online hoặc tai phim sex y một cách tốt nhất, bạn nên sữ dụng máy điện thoại để truy cập trực tiếp vào website để được hỗ trợ đầy đủ dịch vụ của chúng tôi. Khi có vấn đề như tải phim thất bại, xem phim không thành công, chúng tôi sẽ tự động tải một file về điện thoại các bạn để xem tại điện thoại không cần truy cập vào website. tai phim sex
%d blogger menyukai ini: